jump to navigation

What should I do now ? February 11, 2015

Posted by Anisah in Kegiatan Kampus UII. trackback

Melakukan berbagai kegiatan di kampus, sama halnya kita berorganisasi dalam ruang lingkup yang lebih besar, tidak hanya dalam satu kelompok dan homogen. Pasalnya, banyak pekerjaan yang didokumentasikan dalam bentuk ST (Surat Tugas) yang menuntut kita untuk dapat bertanggung jawab dalam satu bidang pekerjaan. Tugas-tugas inilah yang menjadikan saya, tenaga edukatif di UII ini untuk dapat belajar dari hal apapun. Surat tugas untuk dapat bekerja dalam Tim dan juga tugas individu ketika mendapat tugas menghadiri seminar atau workshop untuk berpartisipasi sebagai peserta.

Dalam hal apapun bentuknya, bekerja adalah manifestasi ibadah. Ibadah untuk dapat memberikan kemanfaatan, pertolongan bahkan saling nasihat menasehati di antara sesama. Justru bekerja di sebuah universitas yang menuntut untuk bersikap profesional mendorong saya untuk dapat meningkatkan kualitas diri. Tidak hanya sebagai pribadi yang hanya dituntut bekerja, namun sebagai pemimpin yang terus belajar untuk menjadi visioner. Hal ini yang harus ditanamkan untuk dapat bekerja semaksimal mungkin. Bekerja sebagai manifestasi ibadah, sebagai jalan menuju keridhoan dan kasihsayang-Nya. Saya sendiri punya keyakinan bahwa Allah mencintai orang yang makan dengan keringatnya, tidak mengangkat meminta sesuatu dari orang lain.

Agar tulisan lebih fokus, saya tajamkan pada pertanyaan yang ada pada judul tulisan ini. Apa yang harus saya lakukan sekarang? Saat ini adalah waktu libur mahasiswa selama satu bulan setengah, dan tentunya bagi saya yang bekerja tidak libur, tetap masuk kantor. Ada banyak surat tugas yang menanti ternyata. Hehe. Baru satu tahun bekerja merupakan pengalaman baru saya sebagai tenaga edukatif di sini. Di saat mengajar, banyak yang saya pikirkan, mulai dari persiapan, bahan matakuliah, waktu kuliah yang tertunda karena rapat, nyambi aktif di PSMF dan lain-lain. Saat mahasiswa pulang dan kampus sepi, saya dinanti untuk dapat melakukan banyak kegiatan koordinasi.

So, judul saya di atas, akan saya jawab sendiri. Untuk jadi pengingat, bahwa saya bekerja merupakan ladang amal saya untuk dapat berbuat baik, untuk dapat beribadah dan mendapat keridhoan-Nya. Sekali lagi, mungkin jika dibaca pembaca juga sebagai ladang pahala untuk saling mengingatkan di antara kita. Kegiatan di kampus selain mengajar, seperti berorganisasi seperti melakukan koordinasi dalam mensukseskan kegiatan atau program kampus, contohnya seperti kegiatan akreditasi yang memerlukan tenaga dan partisipasi, kegiatan merekap nilai mahasiswa sehabis UAS dan juga yang utama adalah persiapan semester genap mendatang.

Selain tulisan saya ini sebagai pengingat saya sendiri, saya pun ingin membiasakan menulis dalam mengapresiasi apapun itu bentuknya. Sebagai latihan pembiasaaan dan pengulangan, meskipun menulis di blog ini tidak rutin setiap hari. Dalam hidup ini, ketika kita disibukkan dalam urusan duniawi, kita sepintar mungkin menjadikan segala kegiatan kita itu berorientasi untuk bekal akhirat. Bisa saja kan ketika membereskan arsip map diiringi dengan tahmid, tasbih dan tahlil ? Sederhana saja, apa yang harus saya lakukan adalah apa yang sudah saya rencakan, apa saja yang sudah saya cita-citakan dengan tidak melupakan tujuan kita sebagai manusia.

Comments»

no comments yet - be the first?


*