jump to navigation

My Profile

ANISAH BUDIWATI, kelahiran Garut, 21 Agustus 1989 adalah putri ke -2 dari pasangan Bapak Agus Mohammad Rosid, M.Pd dan Ibu Oom Komalasari M.Pd. Memulai Pendidikan dari Sekolah Dasar Negeri Regol V lulus 2001, lalu melanjutkan di Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam Muhammadiyah Garut lulus 2004, dan Madrasah Aliyah  Darul Arqam Muhammadiyah lulus 2007. Menempuh gelar sarjana di Fakultas Syari’ah IAIN Walisongo Semarang, jurusan Al-Ahwal Al-Syakhsiyah, Program Studi Konsentrasi Ilmu Falak yang merupakan salah satu program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dari Departemen Agama RI. Kemudian melanjutkan S2 pada tahun 2012 di Pascasarjana IAIN Walisongo dengan fokus pada studi islam konsentrasi ilmu falak.

Semenjak  menekuni ilmu Falak di Semarang, ia aktif dalam Lembaga Hisab Rukyah Independen Al-Miiqaat Jawa Tengah sebagai staf ahli hisab rukyah dan sudah selalu diajak dosen pembimbingnya Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag untuk menjadi pendamping dalam berbagai pelatihan Hisab Rukyah di beberapa daerah. Ia pernah menjadi pendamping dalam pelatihan Hisab Rukyah se kab. Garut di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut (2008), pendamping dalam Orientasi Hisab dan Rukyah se-Jawa Tengah Pondok Pesantren Daarun Najaah Jerakah Tugu Semarang Kerjasama dengan Direktorat Urusan Agama Islam Depag RI (2008), pendamping dalam Diklat Hisab dan Rukyah Dasar Tingkat Kabupaten Demak (2009), dan pendamping Pelatihan Hisab Rukyah mahasiswa STAIN Pamekasan Madura di MAJT (2009).

Mulai berpengalaman ikut memberikan materi pemrograman kalkulator Hisab Rukyah dalam Acara Diklat Hisab Rukyat Tingkat Lanjut di Lingkungan Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah dan DIY tahun 2009, dan  menjadi narasumber dalam acara Pembinaan Mahasiswa Program Beasiswa Santri Berprestasi Depag RI di Pondok Pesantren Al-Hikmah II Benda Sirampok Brebes (2008). Disamping itu ikut menjadi tim pengukur kiblat bersama dosen pembimbing di beberapa daerah di Jawa Tengah, Jakarta, dan lain sebagainya.

Selain itu, sebagai santri Pondok Pesantren Falak Darun Najaah Tugu Semarang, saat ini ia aktif dalam organisasi KFPI (Komunitas Falak Perempuan Indonesia) dan ia juga pernah ikut membantu dalam penelitian individual  H. Ahmad Izzuddin, M.Ag “Melacak Pemikiran Syekh Yasin Al-Padangi”. Dalam penulisan karya tulis, tulisannya pernah muncul di media massa, di antaranya artikel “Politik Ala Teletubis”, Wawasan, Juni 2009, artikel Menggugat Fatwa MUI tentang Kiblat, di Wawasan Mei 2010, Kiblat Indonesia sama dengan barat?, di Jawa Pos Maret 2010, Merevisi Fatwa Arah Kiblat, Bukan revisi Arah Kiblat, di Pikiran Rakyat Jawa Barat, Agustus 2010, Meluruskan Arah Kiblat dengan Tongkat, di Wawasan, Mei 2011, Ramadan, Pesantren, dan Sinetron, di Suara Merdeka, Agustus 2011, Mengharap Haji Mabrur, di Pikiran Rakyat, September 2011, dan Payung Hukum untuk Hisab Rukyah, di Kabar Priangan Tasik Malaya, September 2011.

Dari banyak pengalaman yang ia dapatkan, akhirnya melanjutkan pengalaman dengan bekerja di Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia di Prodi Hukum Islam untuk mengajar dan belajar ilmu yang telah dipelajari. Penulis bisa dihubungi di alamat email anisah.budiwati@uii.ac.id.

Comments»

no comments yet - be the first?


*